Forum Komunitas Tanya Jawab

User info

Welcome, Guest! Please login or register.


You are here » Forum Komunitas Tanya Jawab » Tanyakan Tentang Website » Mengapa Facebook sekarang menambahkan string kueri fbclid ke Link URL


Mengapa Facebook sekarang menambahkan string kueri fbclid ke Link URL

Posts 1 to 4 of 4

1

Entah sejak kapan dimulainya, namun sejak beberapah hari yang lalu, beberapa kali saya mengklik link (tautan) suatu website yang dibagikan (dishare) di facebook, maka akan membuka halaman website dengan menambahkan kueri fbclid. Itu juga terjadi pada link URL web yang saya bagikan via facebook.

Code:
Contohnya: 
example.com/postingan-url/fbclid=IwAR2FEKP2N1EZQ0uuuOkccidODNCp77c8Kkhhkd3cLZIu_OF-IjTD2-c

Efeknya:
Kueri URL tersebut tidak membuka halaman website tertentu secara sempurna melalui browser... Bahkan banyak link website ketika diklik hanya menampilkan halaman 404 atau halaman tidak ditemukan. (Jika terus menerus seperti itu, tentu akan memberikan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pembaca [orang] yang membuka link URL website yang dishare).

0

2

Istilah "fbclid" mungkin berarti "Facebook Click Identifier".  Sementara FBCLID mungkin semacam mekanisme pelacakan baru yang telah diterapkan oleh Facebook. Sepertinya Facebook meluncurkan implementasi piksel pihak pertama. Ini mungkin sebagai tanggapan terhadap berita terbaru bahwa browser seperti Safari akan memblokir cookie pelacakan pihak ketiga.

Penerapan metode serupa juga telah lebih dahulu dilakukan oleh beberapa situs sosial media lainnya seperti twitter dan Google dengan tanpa masalah. Google menggunakan parameter kueri serupa yang disebut GCLID, merupakan singkatan dari Google Click Identifier yang digunakan untuk mentransfer info antara Google Analytics dan Google Adsense.

Perbedaannya dengan google, penerapan kueri FBCLID oleh Facebook telah menimbulkan beberapa masalah baru pada banyak URL situs antara lain klik link pada URL yang dishare di facebook (profile, Grup, Fun page, dll) tidak membuka halaman postingan URL situs secara sempurna, bahkan banyak server situs dipaksa menampilkan halaman 404, 302, alias halaman postingan dari link URL tersebut tidak bisa ditemukan, walau pada klik original URL bila tanpa kueri fbclid, maka halaman postingan yang dimaksud akan dapat dibuka secara sempurna tanpa kendala.

+1

3

Apakah ada solusi supaya klik link URL via fbclid dapat membuka halaman postingan secara sempurna tanpa memaksa server mengalihkan ke 404?

0

4

Romeo, Jika anda bisa mengakses File .htaccess, maka coba tambahkan kode berikut ini:

Code:
RewriteCond %{QUERY_STRING} "fbclid=" [NC]
RewriteRule (.*) /$1? [R=301,L]

Jika anda menggunakan wordpress, maka coba tambahkan ini:

Code:
RewriteEngine On RewriteBase /
RewriteCond %{QUERY_STRING} "fbclid=" [NC]
RewriteRule (.*) /$1? [R=301,L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

0


You are here » Forum Komunitas Tanya Jawab » Tanyakan Tentang Website » Mengapa Facebook sekarang menambahkan string kueri fbclid ke Link URL


Sitemap | Buat Web Forum Gratis © 2017-2023 SayaLagi.COM